Minggu, 07 Oktober 2012

Psikologi Biznis #PsiBiz (penulis bkn sarjana psikologi yaah, hny mencoba menulis dr sudut pandang pelaku biznis Oriflame)

Punya partner bisnis dgn berbagai macam karakter, sifat & tingkah laku membuat kita hrs menyiapkan hati yg 'besar' dan 'elastis' 
Loh koq gitu? Iyaa..bener deh, berdasarkan pengalaman saya dengan para partner bisnis saya, kira-kira rangkumannya adalah seperti ini :

Ada yang anggap kalo bisnis saya ini adalah sales door 2 door, jujur saya sempet kaget di bilang begitu, trus saya kasih senyum dan sambil nunjuk ke katalog 'pintunya ada disini'  :)  

Ada yg takjub liat sy bagiin flyer n katalog di mall, katanya 'gmn prasaan ortu kalo liat mba kek gini? udah dikuliahin tinggi2 koq malah bagi2 flyer sambil nawarin orang, apa gak malu mba? kalo ketemu temen kantor gimana mba? masa gaji kantor udah 8 digit, mau sih ngelakuin hal kayak gini?'
Trus saya jawab :'yg penting halal mba & akan sy tunjukan ke ortu, bhw ini smua ada hasilnya. Buat temen kantor, ya cuek aja, emang mereka yang bayar cicilan rumah dan mobil saya, enggak kan, so no big issues for that :)'

Ada yang nyindir-nyindir saya dan biznis saya di fb or twitter or status BB, tp maaf yaa.. Mimpi saya teralu besar untuk dihentikan pakai cara small things kek gitu 

Ada partner bisnis yg bilang kalo ini bisnis tipu2, senyumin lagi trus bilang 'ngapain sy nipu utk duit 40rb kamu?'  
Dapat berapa sih saya dengan uang 40 rb kamu itu? Gak SEPERAK PUN. tapi bisnis ini benar2 memberi kesempatan untuk SIAPA PUN, dengan membaca dan mempelajari dengan tekun isi starter kit nya, habis itu decide dah mau masuk atau eggak sm bisnis kayak gitu.

Ada yang memutuskan untuk stop jadi partner bisnis saya karna suami & ortu tidak merestui... 
Saya pernah di posisi yg sama (cerita lengkapnya di sesi yang lain ya, ingetin saya kalo kelupaan posting he...he..he..)
Bedanya saya punya tekad untuk meyakinkan mereka bahwa biznis ini layak untuk saya jalanin, karena hasilnya pun untuk mereka juga koq 

Ada yang nelpon, sms, bbm marah2 karena delivery yang ga lancar, stock yg kosong, antri yang bikin pegel, mereka lupa bisnis itu ada resiko 
Resiko PASTI dirasain sama pebisnis manapun koq, jadi mau bisnis APAPUN, pasti ada kendalanya, tinggal kitanya yg harus FOKUS pada SOLUSI

Resiko ada dibisnis APAPUN. Decide mau lanjut? Resikonya» Sukses. Nyerah trus berhenti? Resikonya» cari bisnis lain mulai dr 0 lagi, kalo gagal lagi, yaa cari bisnis lain lagi trus coba dari 0 lagi, terus begitu kapan suksesnya yak?

Punya partner biznis yang nyeleneh-nyeleneh plus aneh2 keknya kebayar dengan punya partner biznis yang keren kek Heru Dianika, Suciana Permata dan Eva Puri

Gak pernah dendam or sakit hati sama mereka diatas itu, rugii aah nyimpen dalam hati, by the time jg mereka akan baik sendiri.

Cari Musuh lebih mudah daripada cari partner biz, jadi makasih ya buat semua yang sudah jadi ataupun sudah pernah jadi partner biznis ku, maap ga buka lowongan jadi musuh yaaaaa ;)
  
Sekian psikologi biznis malam ini, love u all

Tidak ada komentar:

Posting Komentar